Tuesday, April 19, 2016

Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Akibatnya

Tanda tubuh kekurangan vitamin dan akibatnya sering kali tidak di sadari oleh setiap orang. Memang sudah tidak dapat di pungkiri jika vitamin merupakan  zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk menunjang kesehatannya. Terdapat beragam jenis vitamin yang di butuhkan tubuh untuk menunjang kondisi kesehatan diantaranya adalah vitamin A, b, C, dan masih banyak lagi lainnya. Bila mana tubuh mengalami kekurangan salah satu dari vitamin tersebut maka akan membuat tubuh menjadi bermasalah. Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin cenderung akan sangat rentan terhadap serangan penyakit. Hal ini dapat di alami oleh semua orang tak terkecuali bagi anak-anak sampai dengan orang dewasa. Bukan hanya itu saja, bagi setiap orang yang mengalami kekurangan vitamin tertentu makan tubuh akan mengalami beragam gangguan kesehatan yang mungkin sangat sulit untuk di temukan solusinya. Tentu saja hal tersebut tidak ingin terjadi pada diri Anda kan? Nah oleh karena itulah penting bagi kita untuk mengetahui pertanda jika tubuh mengalami kekurangan vitamin. Ingin tahu gejala atau tanda jika kekurangan vitamin? Langsung saja perhatikan ulasan berikut ini!

Inilah Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin dan Akibatnya yang Dapat Anda Ketahui

Munculnya Sariawan
Penyakit yang satu ini yaitu sariawan memang sangat identik dengan vitamin C. penyakit tersebut akan muncul jika dirasa tubuh mengalami kekurangan vitamin C. Maka oleh karena itulah penyakit yang satu ini merupakan pertanda yang sangat mudah dikenali jika Anda mengalami kekurangan vitamin C dalam tubuh. Selain karena kekurangan vitamin C, sariawan juga bisa menunjukkan jika Anda mengalai kekurangan vitamin B2. Sariawan akan disertai juga dengan gejala lainnya seperti menurunnya daya tahan tubuh, kulit kering, bibir pecah-pecah dan masih banyak lagi lainnya. Nah untuk mengatasi hal tersebut langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan vitamin B2. Seperti misalnya sayuran segar, kacang kedelai, telur hingga susu.

Gangguan Syaraf
Kekurangan vitamin dalam tubuh dapat di tandai dengan adanya gangguan pada syaraf. Dalam kaitannya ini juga bisa menjadi penyebab dari kekurangan vitamin dalam tubuh. Gangguan syaraf ini biasanya akan terjadi pada orang yang mengalami kekurangan vitamin E dalam tubuh. Untuk mencegahnya sama seperti dengan penjelasan di atas yaitu memenuhi asupan yang mengandung vitamin E secara maksimal. Diantaranya mengonsumsi telur, kecambah, ragi dan minyak tumbuhan.

Kejang pada Otot

Gejala atau tanda selanjutnya adalah kejang pada otot. Hal ini dikarenakan karena tubuh mengalami kekurangan vitamin D dalam tubuh. Selain kejang pada otot juga terdapat pertanda lainnya seperti pertumbuhan tulang menjadi tidak normal, kerusakan pada gigi dan masih banyak lagi lainnya. Dan jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan berdampak buruk kondisi kesehatan Anda. Untuk mendapatkan asupan vitamin D bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti pada minyak ikan, susu, telur dan keju.

Mengalami Nyeri pada Tubuh
Gejala dan akibat kekurangan vitamin dalam tubuh yang terakhir adalah tubuh akan mudah mengalami nyeri dan jika kondisi semakin buruk akan menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Ini karena tubuh kekurangan vitamin C. Untuk memenuhi vitamin C Anda bisa mengonsumsi jambu batu, jeruk, tomat dan sayuran.

Demikian penjelasan mengenai tanda tubuh kekurangan vitamin C dan akibatnya yang dapat Anda ketahui. 
Baca juga 
Cara mengobati vertigo tanpa obat

No comments:

Post a Comment